Penyakit Rubella / German Measles/Campak Jerman

Saturday, January 14, 2012


Rubella / German Measles/Campak Jerman

Penyakit ini meskipun secara klinik mirip rubella, namun penyakit ini disebabkan oleh virus rubella, Virus ini termasuk genus Alpha virus, family Togavirus.

Ditandai oleh adanya ruam 3 hari dan Iymphadenopaty general, biasanya; postauricular, suboccipital dan cervical. Penyakit ini sangat menarik kalangan medis karena sifat teratogenik nya, dan menimbulkan malformasi congenital pada bayi.

Setelah lnkubasi 14-21 hari akan muncul ruam dengan nyeri kepala, malaise, nanoreksia, conjunctivitis — coryza — batuk / cough yang ringan serta Iymphadenopaty. Adanya Iymphadenopaly, malaise disertai dengan munculnya ruam yang hanya berlangsung 3 hari adalah gejala yang " spesifik " untuk penyakit rubella pada anak.  Gejala coryza — cough — conjunctivitis ringan, dan Iangsung menghilang pada saat ruam muncul. Ruam pada penyakit rubella, merupakan clue/tanda  menuju diagnosis penyakit Rubella. 

Ruam muncul pertama kali di muka, dengan cepat menyebar ke leher, Iengan, badan dan ekstrimitas bawah, dan dihari pertama ruam sudah menyebar keseluruh tubuh. Pada hari ke-2, ruam dimuka sudah menghilang, dan pada akhir hari ketiga ruam sudah tidak didapatkan Iagi.Biasanya tanpa disertai desquamasl. 

Konfirmasi diagnosis Rubella di tegakkan dengan melakukan anamnesis yang baik dan pemeriksaan klinik yang teliti.  Apabila diperlukan diagnosis etiologi, maka pemeriksaan IgM (single serum) atau IgG (paired sera ) dapat dilakukan. Pemeriksaan IgM sebaiknya dilakukan saat muncul ruam. Sedangkan pemeriksaan paired sera dilakukan saat akut dan 2 — 4 minggu sesudahnya. 

Komplikasi Rubella jarang terjadi bahkan infeksi bakteri sekunder yang sering terladi pada campak juga tidak dijumpai pada Rubella. Beberapa komplikasi yang pernah ditemukan, antara Iain arthritis, encephalitis, purpura.

Pengobatan hanya dilakukan secara suportif, dan imunisasi MMR pada umur 12-15 bulan dan diulang pada umur 4-6 tahun merupakan strategi prevensl terhadap penyakit Rubella ini.

4 comments :

wah banyak sekali ya gan jenis penyakit terutama yang menyerang bayi

terima kasih sudah mampir sobat @software akuntansi laporan keuangan terbaik.

Armada said...

info bagus gan, salam kenal

Terima kasih sudah mampir sobat @armada.
salam kenal juga

Post a Comment

 
 
 

Sitti