Cara Menghitung Dana Pensiun

Friday, March 9, 2012


Cara menghitung dana pensiun bagi perorangan, bagaimana caranya?

Pernahkan anda tanyakan ke prospek anda atau bahkan kepada diri anda sendiri, Bagaimana cara menghitung dana pensiun saya secara pribadi?

Perhitungan yang saya bagikan kepada anda adalah formula dari beberapa komponen, misal :

1. Tahun berapa anda hendak menabung, jadi sudah bisa diproyeksikan berapa besaran dana pensiun yang hendak disisihkan nantinya. Intinya, semakin anda menunda mempersiapkan dana pensiun tersebut, jumlah yang harus disisihkan akan semakin besar pula.

2. Usia saat memulai menabung untuk dana pensiun anda. Semakin muda atau semakin awal pada usia anda, semakin kecil jumlah yang ditabungkan.

3. Usia pensiun (biasanya usia 55 tahun, tapi ada pula yang sampai usia 60 tahun)

4. Usia berhenti berinvestasi, maksudnya adalah biasanya seseorang sekalipun telah pensiun, mereka masih bekerja, mungkin dikarenakan hobi atau terpaksa (untuk yang tipe ini, kasihan deh :D ) dan dari pekerjaan mereka, masih menghasilkan uang yang dapat digunakan untuk menambah investasi untuk memperkuat dana pensiun mereka.

5. Umur pesimistik dan optimistik  (usia manusia sekarang ini biasanya sampai dengan usia 75 tahun, tapi dalam kenyataannya, masih banyak manusia yang hidup diatas usia 75 tahun mungkin karena mereka terbiasa pola hidup sehat, tidak stress, dll (umur manusia merupakan rahasia Tuhan), tapi dengan semakin panjangnya usia hidup menimbulkan masalah baru, yaitu biaya hidup yang semakin panjang dan semakin besar pula! ini sudah dalam formula perhitungan tersebut)

6. Usia mencari/mengumpulkan dana pensiun tersebut (usia pensiun - usia mulai menabung)

7. ROI (tingkat pengembalian atas investasi dana pensiun yang anda harapkan)

8. Nilai investasi awal (maksudnya anda memiliki sejumlah dana lainnya saat ini, semisal deposito,tabungan, arisan atau warisan....hehe kalo yang ini saya juga mau)

9. dan lain-lainnya....masih banyak yang dapat kita gunakan sebagai indikator perhitungan.

Untuk Preview formula perhitungan tersebut seperti dibawah ini :
polisasuransi
jika ingin mendownload gambar tersebut, disini

Bagi anda yang sedang mencari formula perhitungan dana pensiun pribadi, semoga sharing saya berguna bagi anda.
Jika anda ingin memperoleh informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami DISINI, kami akan senang sekali membantu anda. Dapatkan ilustrasi gratisnya.

Bagi anda yang bekerja sebagai finansial planner, semoga sharing saya dapat anda gunakan untuk perhitungan dana/premi target dari proposal/ilustrasi anda. Setoran bulanan (kuning) ini merupakan target premi yang bisa anda jual.

untuk Software perhitungan dana pensiun secara pribadi tersebut, dapat di download DISINI

SALAM LUAR BIASA!

4 comments :

komplit info dana pensiun disini gan ya :)

thanks sobat belajar komputer telah mampir dan memberi komentarnya.

Terimakasih artikelnya bagus banget sangat berguna sekali buat Aku

terima kasih atas komentarnya @pru proteksi...Semoga artikel kami berguna.

Post a Comment

 
 
 

Sitti