Perbedaan Asuransi Kesehatan Sequislife

Monday, March 26, 2012


Asuransi kesehatan Sequislife apakah berbeda dengan asuransi kesehatan lainnya?

Difinisi Asuransi dari Wikipedia

Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. [1]
Istilah "diasuransikan" biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan.[1]

Dari pengalaman kami sebagai konsultan keuangan di industri asuransi, dapat disimpulkan ada 3 (tiga) karakteristik Asuransi Kesehatan, yaitu :

1. Asuransi Kesehatan yang dipasarkan oleh Bank (biasanya disebut Bancasurrance)
   Yaitu asuransi kesehatan yang dipasarkan oleh pihak Bank sebagai tenaga pemasaran dari perusahaan Asuransi sebagai penerbit polis/penanggung.

2. Asuransi Kesehatan Franchise (Asuransi dari Luar Negeri)
   Yaitu Perusahaan asuransi dari luar negeri yang mendirikan cabangnya di Indonesia, perusahaan yang dibuka di Indonesia tersebut berbentuk PT (Perusahaan Terbatas) , dan saham terbesar mayoritas umumnya adalah dipegang oleh pihak Indonesia sebagai rekanan. (tapi dalam praktek, setelah perusahaan asuransi tersebut berdiri, saham tersebut dijual/dibeli olah pihak asing kembali) atau lebih tepatnya perusahaan asing yang berdiri di Indonesia untuk mendapat rupiah, yang nantinya keuntungan tersebut di bawa keluar negeri.

3. Asuransi Sequislife sendiri.
    Perusahaan Asuransi swasta Nasional Indonesia yang berdiri sejak 1984. Dimana saham yang dimiliki dari, oleh, dan untuk penduduk Indonesia. Dari Management, karyawan, tenaga pemasaran dan nasabah adalah dari penduduk Indonesia.

Sekarang, untuk diingat, bahwa perusahaan asuransi adalah perusahaan profit oriented atau mencari keuntungan dan bukan perusahaan sosial sehingga berlaku "ada harga ada barang".

Untuk membandingkan sebuah kasus, saya gunakan contoh yang sama agar perhitungan menjadi adil/fair, yaitu :
>Nama Nasabah        : Mr. X
>Sakit dan harus menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit, selama 10 hari.
>Biaya kamar per hari : Rp 200.000,-
>Menggunakan 2 (dua) dokter yang berbeda karena penyakit yang dideritanya membutuhkan keahlian dari 2 dokter tersebut. Biaya kunjungan dokter 1 perhari adalah Rp 150.000,- dan biaya kunjungan dokter ke2 perharinya adalah Rp 250.000,-
>Pasien harus mengalami pembedahan, dengan biaya Rp 40jt dan
>Biaya obat-obatan sebesar Rp 25jt.

Total Biaya :
Biaya kamar     : Rp 200.000,- x 10 hr                 = Rp 2jt
Biaya dokter 1 : Rp 150.000,- x 10 hr                  = Rp 1,5 jt
Biaya dokter 2 : Rp 250.000,- x 10 hr                  = Rp 2,5 jt
Pembedahan                                                          = Rp 40 jt
Biaya Obat dll                                                          = Rp 25 jt 
Total Biaya                                                               = Rp 71jt

Sekarang, jika anda sebagai nasabah asuransi kesehatan dan hendak meng-klaim asuransi kesehatan tersebut:

Tipe atau karakter dari produk asuransi kesehatan yang dipasarkan oleh Bank/Bancassurance adalah pembayaran kamar saja/ harian kamar. Besarannya berkisar dari Rp 50 Rb sampai dengan Rp 1,5 jt perharinya.

Katakan anda memilih/mendapat penggantian kamar yang terbesar (Rp 300rbt/harinya), Total klaim yang bisa di terima adalah : Rp 300 rb * 10 hari = Rp 3 jt saja. Biaya berobat masih harus nombok sendiri sebesar Rp 68jt (di dapat dari Rp 71 jt-Rp 3jt).

Perhitungan Pembayaran Klaim dari beberapa bank ada disini 

Sedangkan untuk perhitungan pembayaran klaim dari Asuransi Franchise ada disini

So, bagaimana jika menjadi nasabah dari Sequislife? Dengan kasus yang sama pembayaran klaim yang ada bisa dilihat disini

Semoga artikel Perbedaan Asuransi kesehatan Sequislife ini, dapat memberikan wawasan dan informasi bagi masyarakat pada umumnya.

3 comments :

Memang betul apa yang mas postingkan di artikel ini. Saya sendiri adalah nasabah sequislife sejak 2007, polis tersebut saya beli untuk anak saya.
Selain menabung untuk dana pendidikan anak nantinya, ada asuransi kesehatannya.
Tahun 2010, anak saya harus menjalani rawat inap hingga 2 kali.
Saat saya dan anak di rumah sakit, saya menggunakan kartu kesehatan yang diberikan sequislife, prosedurnya cepat dan saat mau keluar dari rumah sakitpun, prosesnya tidak lama (mungkin 30 menit saja) yang bikin prosesnya lama justru dari rumah sakitnya karena harus rekap tagihan, membuat resep obat dan perhitungan di bagian keuangan rumah sakit, sedangkan begitu rekap ini selesai, rumah sakit langsung faks ke provider, dan ndak lama (30mnt) sudah ada jawaban.
Yang bikin saya senang adalah saya hanya membayar materai saja karena saya mengambil kamarnya yang sesuai dengan kelas kamar dalam asuransi. Jadi betul-betul sesuai tagihan
Menurut saya, Sequislife merupakan pilihan yang tepat dan saya bersyukur atas pilihan saya.
Terima kasih

Informasinya sangat bermanfaat. Asuransi memang sangat penting mengingat esiko hidup yang cukup tinggi. Nice share sob terimakasih informasinya.

Anonymous said...

Thanks informasinya. Jadi saya sudah punya pegangan asuransi mana yang harus saya pilih nanti. Thanks !

Post a Comment

 
 
 

Sitti