Polisasuransi-Etika-Memberi Teguran

Sunday, April 29, 2012

Memberi Teguran-Polisasuransi-Etika


PhotobucketMemberi Teguran bukanlah persolan yang mudah, apalagi kalau orang yang hendak ditegut adalah orang yang dihormati atau lebih tua. 

Di negara kita terdapat banyak budaya, yang kadang kala beberapa kelompok etnis memiliki patokan atau ketentuan-ketentuan sendiri-sendiri sehingga hal ini menyebabkan segalanya menjadi serba sensitif sehingga wajar saja kalau anda menjadi takut salah langkah dalam memberi teguran tersebut.


Tips Memberi Teguran :

1. Jangan Memberi teguran di tempat umum. Usahakan agar jangan ada orang lain yang ikut mendengar.
Teguran ada hubungannya dengan "harga diri" seseorang, Jadi dengan cara ini, anda telah menjaga harga dirinya. 

2, Wajib hukumnya untuk menegur dengan kata-kata dan cara-cara yang sopan.
Bayangkan jika anda melakukan teguran tidak dengan sopan, jangankan didengarkan, orang yang ditegur bisa jadi mengamuk tak terkendali.. 

3. Kemukakan dengan alasan yang jelas dan masuk akal. Tunjukkan bukti kongkret yang mendukung.

4. Bersikaplah yang konsekuen. Jika orang yang anda tegur tetap mengulangi kesalahan yang sama, ulangi teguran plus sangsi, yang mulanya bisa anda sampaikan dengan nada bercanda. Tunjukkan bahwa anda serius dengan teguran anda.

5. Jikalau teguran anda tidak mempan juga, berikan teguran dalam bentuk tulisan. Ini bisa menjadi bukti dan pendukung bilamana terjadi perselisihan dikemudian hari.

Kapan Harus Memberi Teguran?

Jika kepentingan anda dan kepentingan umum menjadi terganggu, bagaimanapun hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda tidak ingin menanggung kerugian gara-gara tindakan yang tidak anda perbuat, bukan? 

Jangan Kecewa, jika....
Anda dikatai "anak ingusan", "anak kecil kemarin sore", "sok bossie" dan berbagai istilah yang merendahkan anda. 

Cara tersebut mereka lakukan untuk mengintimidasi yang biasanya dilakukan oleh orang yang lebih tua dan merasa terdesak atau tidak nyaman dengan teguran anda. Maju terus...pantang mundur.... Kuasai diri anda sendiri dan tunjukkan bahwa anda benar.

DON'T DO :
Jangan anda berkata : "Pokoknya kerjakan saja apa yang saya katakan, tidak usah ditanyakan lagi. Nanti juga kamu akan tahu kegunaan dan kebenaranya".

Hal ini sama sekali tidak akan berhasil, Semua orang termasuk anda, membutuhkan suatu alasan untuk melakukan sesuatu.

Demikian saya akhiri artikel serial Etika-Polisasuransi-Memberi Teguran ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Salam sukses!
  
Jika anda merasa artikel ini berguna dan cukup menarik bagi anda, kiranya anda berkenan memberikan klik pada logo google plus disamping ini......

5 comments :

thanks sobat tips sangat baik nih, disimpan buat referensi sob

terima kasih sobat @belajar komputer untuk komentarnya. Semoga artikel yang saya share dapat memberikan nilai tambah bagi semua orang dalam hal berkomunikasi.
Sekali lagi terima kasih.

Sobat, perlu diketahui bahwa dengan adanya pembenahan pada desain tampilan halaman blog dan tata letak widget yang saya lakukan untuk Semar Bingung's Weblog, maka dengan ini saya informasikan bahwa sekarang banner dan atau tautan blog Sobat yang sebelumnya terpasang di halaman Tukar Tautan saya pindah ke halaman Beranda. Sedangkan untuk halaman 'Tukar Tautan' sendiri sekarang telah saya hapus.

Sementara itu untuk mengetahui detail selengkapnya secara lebih jelas dapat Sobat lihat dalam postingan artikel saya yang berjudul Perubahan Desain Dan Tata Letak Widget Serta Tampilan Halaman Blog.

Kemudian saya mohon maaf bila komentar (pemberitahuan) ini saya tulis di sini, karena hal ini saya maksudkan untuk mempermudah saya dalam menyampaikan pemberitahuan kepada semua Sobat blogger yang pernah bertukar banner dan atau tautan dengan Semar Bingung's Weblog.

Sekian, terimakasih, dan salam.

Salam kabpemalang..
Sekedar info gan, ternyata setelah outbound link saya cek satu persatu. banyak temen2 blogger yang dulu minta tukeran link dan sekarang sudah mendapatkan pagerank yang lumayan, kini meghapus link saya saya secara sepihak dan tanpa memberitahukan alasan. saya salut atas konsekuensi http://polisasuransi.blogspot.com/
Semoga tetap sukses!

Terima kasih atas kunjungan sobat kab pemalang di blog kami.
Saya tidak terlalu mementingkan PR yang harus tinggi, yang penting punya teman-teman yang seperjuangan itu lebih penting bagi saya.
Link tetap tertanam di blog ini.
Sukses menyertai anda pula.

Post a Comment

 
 
 

Sitti