POLISASURANSI-TATA KRAMA-ETIKA

Saturday, April 14, 2012


polisasuransi

POLISASURANSI - TATA KRAMA - PENDAHULUAN

Pada dasarnya tata krama atau orang lebih mengenal dengan etika, berasal dari kata dalam bahasa Perancis = "etiquette" atau dalam bahasa latin = "ectic", atau artinya adalah "aturan sopan santun dan tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia". Biasanya orang yang mengerti, memahami serta menjalankan etika tersebut, akan lebih berhasil dalam pergaulan dan pekerjaannya.

Etika mengajarkan kita untuk memelihara hubungan baik, bahkan memikirkan kepentingan dan dan keinginan orang lain.

Kita mungkin pernah mencoba bertoleransi terhadap pendapat dan tingkah laku orang lain yang berbeda dengan kita, tapi malahan kitalah yang terseret untuk ikut menyetujui dan mengadaptasinya.

Hal ini tidak akan terjadi bilamana kita mampu dan sanggup dalam penguasaan diri.

Pemahaman tentang etika akan menjadikan rem pengendali diri yang baik.
Selain menjadi pengendali diri yang baik, etika juga membuat diri kita menjadi lebih disegani, dihormati, disenangi, percaya diri dan mampu memelihara suasana yang baik di dalam lingkungan. 

Jadi prinsip tata krama/etika dapat dipakai sebagi bekal hidup yang positif.

Pelanggaran terhadap etika/tata krama tersebut, baik disengaja atau tidak sengaja, akan menyebabkan kerugian baik diri sendiri maupun orang lain.

Mengingatkan pula, bahwa etika/tata krama juga menjadi dasar dalam adat istiadat dan tradisi suatu daerah atau negara-negara lainnya.

Pembahasan mengenai etika ini saya bagi dalam beberapa bagian dikarenakan luasnya bagian cakupan yang nantinya hendak dibahas, seperti etika pergaulan, penampilan, dunia kerja, cara menyesuaikan diri dan lain-lainnya.

Semoga sharing saya mengenai etika /tata krama ini, berguna bagi anda semua yang membacanya.

Terima kasih.

0 comments :

Post a Comment

 
 
 

Sitti