tata krama-basa basi

Saturday, April 14, 2012


polisasuransi
POLISASURANSI - BAGIAN 1 - KOMUNIKASI - BASA BASI

- "Halo"
- "Halo"

- "Maaf, apakah kursi ini kosong? Apa saya boleh duduk disini?"
- "Oh, Silahkan....silahkan"

- "Sepertinya pengantinnya datang terlambat, ya?"
- "Iya, sudah terlambat satu jam, nih!"

- "Sendirian saja?"
- "Iya....Mas/Mbak juga?"

-"Ya, suami / istri saya masih ada urusan lain, terpaksa sendirian deh!"
-"Wah, sama kalo begitu dengan suami / istri saya"

-"Wah, betul juga....omong-omong kenalkan nama saya..........."
-"Nama saya............."

Percakapan yang ada diatas bisa dikategorikan sebagai basa-basi. Basa-basi sering kali tercipta dalam berbagai kesempatan. Bisa di dalam pesta perkawinan, dibandara, dipameran, ditoko, dan lain sebagainya.

Dialog semacam itu biasanya dilakukan oleh dua orang yang belum saling kenal. Isi pembicaraannya biasanya ringan-ringan saja, sekedar perkenalan.

Basa-basi tak ubahnya seperti kata pembuka dalam sebuah karangan atau buku. Bayangkan, kalo dalam sebuah percakapan, anda langsung masuk dalam inti persoalan, tidak mustahil anda akan mendapatkan respon atau tanggapan bingung atau kerutan didahi lawan bicara anda. Bisa jadi lawan bicara anda pada saat itu, masih memikirkan hal yang lainnya. Jadi, basa-basi diperlukan untuk membuka percakapan agar lawan bicara anda "tune-in" dengan pembicaraan baru yang ingin anda bahas.

"Do & Don't - Basa basi"

Do.
Obrolkan hal-hal dan kejadian umum sehari-hari. misalnya cuaca, kemacetan lalu lintas, berita hangat, dan lainnya. Jika anda tidak memiliki bahan yang hendak di utarakan, saya sarankan anda mulai membaca koran atau mengamati sekitar. Seperti anda membaca web saya ini....

Don't
Berbasa basi dengan berlebihan. nantinya akan akan terkesan : cerewet, aneh, centil, bertele-tele, dan semuanya akan menjadi basi!

Tips dalam berbasa-basi :

1. Bicarakan apa yang disenangi oleh lawan bicara anda. Cara mengetahuinya? Begitu anda tahu kemana arah pembicaraan lawan bicara anda, anda harus segera menangkap dan mengembangkannya. Jangan coba-coba untuk memotong pembicaraannya atau mengganti topik yang lawan bicara anda sedang dibicarakan.

2. Berbasa-basi sebenarnya cukup dimulai dengan kata hai, hallo, selamat pagi dan seterusnya dan juga tambahkan seulas senyum yang tulus kepada lawan bicara anda (seperti saya ....narsis.....). Lihat dulu situasi dan kondisi yang ada pada saat anda memulai pembicaraan. Jadi jangan anda ajak berbasa-basi kalo anda lihat ada seseorang yang sedang mengantri toilet dengan tergopoh-gopoh dan sudah kebelingsetan, ntar bukan senyum yang anda dapatkan, tapi senyum meringis.....

3. Porsi basa-basi secukupnya.

Sudah! itu saja artikel saya hari ini, entar kalo kebanyakan semuanya menjadi basi.

Salam luar biasa!

3 comments :

namanya org banyak,, basa basi kadang perlu juga gan bwt jaga perasaan org lain,, tolong folback gan,,

. . kayak iklan aja ne bukan basa basi. he..86x . .

thank untuk kunjungannya @irwan wicaksono & @mahadhifa.... langsung meluncur ke blog sobat..

Post a Comment

 
 
 

Sitti