Persiapkan investasi sebelum keluar negeri-polis-asuransi

Friday, September 14, 2012

polisasuransi, asuransi, kesehatan, investasi, terbaik
Persiapkan Investasi Sebelum Bekerja di Luar Negeri

Indonesia adalah negara yang luar biasa indahnya dengan segala kekayaan alam dan sumbernya. 
Namun bagi beberapa orang, pesona negeri lain yang jauh (luar negeri) masih menjadi magnet tersendiri .
Alasannyapun bermacam-macam, mulai dari ingin mengetahui tempat-tempat yang eksotis hingga ingin mencari peruntungan untuk menyambung hidup atau bekerja menjadi pekerja biasa di luar negeri tersebut atau biasa disebut dengan TKI (Tenaga Kerja Indonesia)

Sebagian orang beranggapan bahwa tinggal dan bekerja di luar negeri adalah pengalaman yang menyenangkan.
Padahal kenyataannya bekerja di luar negeri tidak sama halnya seperti berlibur ke luar negeri.
Ketika liburan, Anda sudah memiliki “anggaran”  tertentu untuk bersenang-senang dan pergi ke tempat-tempat yang menarik, dan tentunya dengan kenangan yang menyenangkan.
Akan tetapi tentu saja akan berbeda jika kita akan tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama atau bekerja di luar negeri. 


Jadi, jika ingin bekerja diluar negeri, apa saja yang harus dipersiapkan?
 
1. Ketika menerima penawaran pekerjaan di luar negeri, bandingkan antara gaji dan biaya hidup di negara tujuan. Nominal yang besar (jika di Rupiahkan) belum tentu sebanding dengan biaya hidup di  negara tersebut. Pastikan ada sisa minimal 10% dari penghasilan untuk diinvestasikan/ ditabung setiap bulannya. 

2. Mintalah keterangan detail mengenai asuransi kesehatan dari perusahaan, karena ada beberapa negara yang tidak menerima asuransi dari Indonesia dan biaya perawatan rumah sakit rata-rata sangat tinggi.
3. Bukalah rekening tabungan dan investasi beserta fasilitas internet banking. Ini akan sangat berguna untuk kebutuhan finansial anda pada saat berada di luar negeri. Fasilitas ini sangat dibutuhkan agar anda dapat membeli produk investasi secara rutin. 

4. Perhatikan kebutuhan asuransi, baik asuransi jiwa maupun jaminan kesehatan. Jika anda membutuhkan asuransi jiwa, pastikan anda sudah memilikinya sebelum berangkat ke luar negeri karena sebagian besar asuransi membutuhkan medical check up dalam memproses polis asuransi

5. Tetap berinvestasi di Indonesia.

Walaupun anda berpenghasilan dalam mata uang asing, sebaiknya anda tetap berinvestasi di Indonesia. Pilihannya banyak, bisa investasi reksadana atau yang lainnya
6. Perhatikan biaya dari bank yang anda gunakan jika mengkonversikan rekening mata uang asing ke rupiah. Jika biaya transaksi cukup tinggi, Anda dapat berinvestasi dalam jumlah besar setiap 3-6 bulan sekali sehingga tidak harus membayar biaya transaksi setiap bulan. 


7. Ungkapan Don’t get carried away, sepertinya benar adanya.  Jika kita tinggal di luar negeri dan sudah memiliki penghasilan yang bagus, maka akan banyak sekali godaan untuk berlibur maupun menghabiskan uang dengan berbagai cara.

Ini tentu saja boleh, tapi anda harus ingat untuk mempersiapkan diri untuk kembali ke Indonesia suatu hari nanti, ini juga diperlukan dana yang tidak sedikit. 
Mulailah persiapkan diri untuk membeli rumah atau aset yang berharga ketika nanti akan pulang ke tanah air.

2 comments :

boleh juga tips nya bro, thanks ya :)

terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Kunjungan balik dari saya ditunggu, ya.

Post a Comment

 
 
 

Sitti